Aksi Kreatif Honda CB 350 1974

Aksi Kreatif Honda CB 350 1974


Brosis lagi kepentok ide modif Honda CB kesayangan? Tenang, Brosis nggak sendirian kok. Sama kayak pemilik Honda CB350 1974 ini yang nyerah dan akhirnya memilih untuk membiarkan Ron Smith untuk menerapkan kreasinya di motor tersebut. Coba deh Brosis simak, kali aja bisa jadi inspirasi buat nerusin ngemodif Honda CB yang teronggok di sudut garasi.

Sejatinya banyak ide cafĂ© racer pada Honda CB350 yang sudah beredar di jalan-jalan. Nah, sang penggawa gerai modifikasi The Pacific Motorcyle Co. di Selandia Baru tersebut kepingin motor modifannya tampil beda dan unik. “Ron mau motor ini harus berwarna merah, jadi itulah konsep awalnya. Inspirasi lain datang dari Chevy Corvette 50-an yang punya ciri di wing dan pintu.

Red Rocker, Modif Honda CB350 Inspirasi dari CorvetteJadi langkah awal adalah merombak sasis kemudian merancang tangki bensin. Penampung bahan bakar ini dipotong menjadi dua bagian dan dimelarkan hingga 6 inci. Setelah disambung kembali, bagian samping diberi tambahan panel baja dengan gaya ala Corvette Stingray. Kendati tangki melar, namun kapasitas tampungnya masih tetap sama seperti tangki standar. Ruang sisa yang ada dimanfaatkan menjadi tempat bersemayamnya aki lithium.

Karena kelir merah digadang sebagai kanvas, maka tak heran jika warna berani tersebut hadir mendominasi tampilan Honda CB350 karya Pacific. Mulai dari frame, blok mesin, lengan ayun, spakbor depan, rumah lampu, stang clubman Lossa,hingga balutan kulit di jok. Biar warnanya nggak terlalu mati, Pacific sengaja menorehkan kelir putih di tangki dan kilauan chorme di beberapa bagian. Kayak di fork depan rancangan Rolland Sands Design, ring lampu belakang, clamp stang Topliss Brother Engineering, tutup rantai dan pelindung panas knalpot.

Lantas apakah Honda CB350 ini berubah total tanpa menyisakan komponen bawaan pabrik seperti mesin misalnya? Sektor penghasil dayanya sudah di bore up dengan mengadopsi piston milik CB750, ground camshaft serta port & polishing. Satu-satunya piranti orisinil yang tersisa di motor ini hanyalah speedometer dan tachometer. Itu juga sudah dibalut warna merah dengan logo Pacific di dalamnya.. Namanya juga motor modifikasi ya nggak? Bukan motor restorasi.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts